Apa itu XAMPP dan Pengertian Xampp menurut para ahli

Apa itu Xampp
Apa itu XAMPP? adalah perangkat lunak bebas yang bisa dioperasikan di banyak sistem operasi. Kepanjangan XAMPP itu sendiri adalah Apache, MySQL, PHP, dan Perl.  Sedangkan huruf “X” memiliki artiannya sendiri, yakni suatu software yang bisa dijalankan di empat OS utama seperti Linux, Solaris, Mac OS, dan Windows. XAMPP seringkali juga disebut sebagai cross platform atau software multi OS.

Istilah XAMPP seharusnya bukanlah hal asing lagi bagi Anda para developer web. Pasalnya, XAMPP berperan penting dalam membantu mengelola ataupun membuat website, sekaligus menjadi software yang wajib dimiliki oleh developer web pemula.

 Jika Anda masih belum begitu paham dengan definisi dan cara kerja XAMPP, langsung saja disimak ulasannya berikut ini.

Pengertian XAMPP Menurut Para Ahli

Bunafit Nugroho (2008:2) menjelaskan, pengertian XAMPP adalah suatu paket web server yang banyak dipakai untuk coba-coba di Windows berkat kemudahan instalasinya. Rangkaian atau bundel program open source itu terdiri dari server web Apache, basis data MySQL, dan interpreter PHP.
Sesudah berhasil memasang XAMPP, kita dapat mencoba menginstall aplikasi-aplikasi web ataupun memulai pemrograman PHP di komputer.

Fungsi XAMPP

XAMPP berfungsi sebagai localhost atau server yang berdiri sendiri, ini terdiri dari MySQL database, program Apache HTTP Server, dan penerjemah bahasa yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman Perl dan PHP.
Program XMPP tersedia dalam bentuk GNU General Public License dan bebas. Ini adalah web server yang mudah sekali untuk digunakan yang bisa melayani tampilan halaman web dinamis.  Anda bisa download XAMPP di web resminya.

Cara Install XAMPP Di Windows

·         Pertama-tama, silahkan cari file xampp-win32-1.7.2.exe, kemudian jalankan
·         Setelah itu akan muncul window yang menentukan lokasi instalasi, silahkan pilih pilih C:\ klik “install”.
·         Proses instalasi akan dimulai, silahkan tunggu sampai selesai.
·         Selanjutnya, command prompt akan tampil beberapa kali. Pertama merupakan shortcut pada startmenu/destkop. Apabila Anda ingin menambahkan shortcut, silahkan tekan “Y” lalu “Enter”.
·         Tekan “Y” kembali kemudian “Enter” untuk melanjutkan.
·         Nanti akan muncul pertanyaan, apakah Anda ingin memasang XAMPP secara portable. Jika iya, silahkan pilih ‘Y”. Namun, apabila Anda ingin menginstall di komputer, pilih saja “N”. Setelah itu tekan enter.
·         XAMPP sudah siap, silahkan tekan enter 2x untuk melanjutkan.
·         Proses instalasi XAMPP di Windows selesai, pilih 1 lalu enter untuk melanjutkan ke XAMPP Control Panel. Klik “X” untuk keluar dari instalasi.
·         Langkah berikutnya silahkan aktifkan Service “MySQL” dan “Apache” di XAMPP Control Panel. Klik “Start”. XAMPP Control Panel dapat diakses melalui start menu atau destkop. Apabila tidak ada, langsung saja mengaksesnya di C:/xampp/xampp-control.exe.
·         Sampai disini, Anda telah berhasil menginstal XAMPP di Windows. Berarti Anda sudah berhasil memasang MySQL, Apache, dan PHP. Untuk memastikan XAMPP telah terinstal, silahkan kunjungi http://localhost.

 

Bagian-Bagian Penting Pada XAMPP

·         PhpMyadmin
Pengertian phpmyadmin adalah Software khusus yang berfungsi untuk mengelola administrasi MySQL. Ini akan menyimpan semua database yang digunakan untuk keperluan website.
·         Htdocs
Htdocs adalah folder penyimpanan web server yang berisikan halaman-halaman web yang telah dibuat dan akan ditampilkan.
·         Control Panel
Control Panel adalah alat yang berfungsi untuk mengendalikan atau mengontrol XAMPP secara efektif. Baik mengatur database, setting website, dan lain sebagainya. Control Panel dikenal dengan istilah Cpanel dalam dunia hosting.

Itu tadi adalah sedikit penjelasan mengenai pengertian XAMPP, semoga ulasan ini bisa bermanfaat untuk Anda semua. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa itu XAMPP dan Pengertian Xampp menurut para ahli "

Posting Komentar