Apa itu Qanaah Dan Tasamuh?

Apa Itu Qanaah
Apa itu Qanaah? adalah sikap rela menerima dan selalu merasa cukup atas apa yang dimilikinya, serta menjauhkan diri dari rasa tidak pernah puas terhadap rezeki yang diberikan oleh Allah SWT. Sedangkan menurut bahasa, pengertian qanaah adalah merasa cukup.

Sifat qanaah itu sama artinya dengan bersyukur. Setiap muslim wajib memiliki sifat qanaah karena akan menentramkan jiwa dan terhindar dari sifat tamak atau serakah. Kendati demikian, sifat qanaah bukan berarti mengajarkan kita untuk bisa bermalas-malasan.

Simak penjelasan lengkap mengenai pengertian qanaah, contoh, dalil, dan hikmah qanaah di artikel berikut ini.  

Dalil Qanaah

وَمَا مِن دَآبَّةٍ فِى ٱلْأَرْضِ إِلَّا عَلَى ٱللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۚ كُلٌّ فِى كِتَٰبٍ مُّبِينٍ

Artinya: "Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allahlah yang memberi rezkinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. semuanya tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh)." (QS. Hud :6)
لَيْسَ الْغِنَى عَنْ كَثْرَةِ الْعَرَضِ وَلَكِنَّ الْغِنَى غِنَى النَّفْسِ
Artinya: “Bukanlah kekayaan itu lantaran banyak harta, akan tetapi kekayaan itu adalah kekayaan jiwa.” (HR. Bukhari-Muslim)

Contoh Qanaah

1.       Tetap rajin belajar walaupun hasil ujiannya jelek
2.       Tidak mengeluh meskipun hanya sarapan roti dan segelas air putih
3.       Menerima uang saku yang diberikan oleh orangtua dengan senang hati, tidak peduli banyak atau sedikit
4.       Tidak suka berbelanja dalam jumlah berlebihan
5.       Mensyukuri setiap rezeki yang diberikan oleh Allah SWT
6.       Tidak protes ketika mendapatkan gaji kecil, yang penting sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok
Alangkah indahnya seseorang yang memiliki sifat qanaah ini dalam kehidupan sehari-hari. Apapun hal yang menimpa dirinya, ia tidak pernah merasa kekurangan dan senantiasa merasa cukup. Ia sadar, jika setelah berusaha semaksimal mungkin tugas selanjutnya adalah menyerahkan hasil kepada Allah SWT.
Apapun hasilnya nanti, ia akan menerima dengan lapang dada. Semua sudah menjadi kehendak Allah SWT.

Hikmah Qanaah

Berikut ini adalah beberapa hikmah dari sifat qanaah:
·         Mendapatkan kehidupan yang lebih baik
·         Memperkuat iman
·         Mendapatkan kekayaan yang haqiqi
·         Terhindar dari perbuatan dosa
·         Meningkatkan rasa syukur

 

Apa itu tasamuh?

Toleransi atau Tasamuh adalah sikap menghormati orang lain dalam melaksanakan hak-haknya. Toleransi itu tidak boleh melampaui autran agama dan sebatas hubungan antar manusia saja. Artinya, toleransi tidak diperbolehkan dalam hal peribadahan.

 

Contoh Sikap Toleransi Di Dalam Kehidupan Sehari-Hari

- Tidak memotong pembicaraan orang lain ketika berdiskusi
- Tidak mengganggu umat agama lain yang sedang beribadah
- Saling menghormati kepada orang lain yang berbeda agama
- Tidak menimbulkan kegaduhan ketika teman sekelas sedang belajar

Itu tadi adalah sedikit ulasan mengenai pengertian qanaah dan tasamuh. Kedua sifat inilah yang akan membuat seseorang hidup dengan tenang dan damai. Sifat qanaah akan senantiasa menentramkan hati dan jiwanya, karena selalu merasa cukup dengan apa yang sudah diberikan oleh Allah SWT.

Sekali lagi saya tekankan, apabila sifat qanaah tidak berarti kita bisa bermalas-malasan. Ketika seseorang mempunyai suatu cita-cita, maka ia wajib berusaha semaksimal mungkin demi mewujudkannya. Namun, jika hasil yang didapat tidak sama dengan kehendaknya. Maka ia harus menerima hasil tersebut dengan lapang dada dan penuh syukur. Inilah yang dinamakan qanaah.

Di sisi lain, sifat tasamuh akan menghantarkan kita kepada kehidupan masyarakat yang lebih baik. Ketika kita hidup berdampingan, dengan adanya toleransi antara satu orang dengan lainnya maka akan tercipta suasana yang damai. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa itu Qanaah Dan Tasamuh?"

Posting Komentar