Apa itu Spoiler serta Dampak Negatif dari spoiler

Apa Itu SpoilerApa itu spoiler? Secara bahasa, spoiler merupakan kata yang berasal dari bahasa inggris yang jika diterjemahkan kedalam bahasa indonesia memiliki arti bocoran atau beberan.

Menurut wikipedia, Spoiler atau dalam bahasa indonesia berarti beberan yang merupakan penjelasan mengenai suatu cerita, membeberkan jalan dari suatu cerita, bisa film, manga, komik, teater dan saebagainya.

Dalam pengertian lain, spoiler merupakan bocoran informasi yang dibeberkan kepada orang lain atau khayalak umum mengenai jalan cerita dalam sebuah film, novel, anime, dan sebagainya yang akan ditayangkan atau dirilis

Dampak negatif adanya spoiler
Menurut sebagian orang, jalan cerita yang dibocorkan bisa membuat seseorang menjadi kurang greget dan kurang berkesan saat akan membaca atau menonton suatu cerita yang akan dia tonton. Spoiler bisa mengurangi rasa penasaran dan kesenangan seseorang ketika membaca atau menonton suatu cerita.

Hal ini dikarenakan tukang spoiler yang bertebaran di grup-grup , sehingga membuat  jalan cerita yang akan di tontonya terasa kurang menarik karena sudah tau inti cerita dan endingnya seperti apa. Contohnya, suatu ketika dani sedang nongkrong di grup anime favoritnya. Secara tidak sengaja, dani melihat postingan mengenai jalan cerita dari anime yang akan dia tonton. Seketika itu juga dani komen di postingan tukang spoiler tadi dengan nada marah.

Spoiler juga sebenarnya termasuk kategori pembajakan karya. Menjadi spoiler sama saja tidak menghargai karya orang lain. Dampak negatif lain dari spoiler adalah mengurangi minat orang untuk menonton film tersebut, karena sudah mengetahui jalan ceritanya dari tukang spoiler. Sehingga ketika menonton pun rasanya kurang greget dan kurang wah.

Dampak positif adanya spoiler
Sebagian orang yang lain , malah menjadikan spoiler sebagai parameter kelayakan cerita dalam suatu novel, film, komik, anime, manga. Jika sopilernya menarik, maka orang tersebut menjadi lebih bersemangat dan tertarik untuk membaca atau menonton cerita yang akan dilihatnya.

Tipe spoiler
Ada beberapa tipe spolier yang wajib anda ketahui
1.      Mereka yang dengan sengaja menjadi spoiler demi kesenangan sendiri. Tipe pertama ini biasanya berusaha menonton paling awal film yang akan dirilis, kemudian dia mengumpulkan segala informasinya dengan detail. Semua informasi yang telah dia kumpulkan tersebut menjadi alat untuk menunjukan eksistensi dirinya yang selalu terdepan.
2.      Tipe kedua ini, mereka yang secara tidak sengaja menjadi spoiler karena terlalu bersemangat terhadap film favoritnya yang baru tayang. Mungkin niatnya untuk sekedar mempromosikan film ke teman-temanya. Tetapi, saking antusiasnya, malah jadi kelepasan menceritakan jalan ceritanya secara detail.
3.      Spoiler yang ketiga, mereka yang menjadi spoiler karena tuntutan profesi seperti menjadi kritikus film di media cetak mapun elektronik. Tetapi mereka sadar, jika spolier tersebut mengganggu dan merusak kesenangan orang lain yang belum menonton, sehingga seringkali memberikan peringatan berupa tulisan SPOILER ALERT  Di unggahan atau judul tulisan mereka.

Jika dilihat sampai saat ini, belum ada pihak dari produksi film yang merasa dirugikan dengan adanya spoiler. Sekarang malah film yang akan tayang sudah mulai menyisipkan spoiler di trailernya. Tetapi jika dilihat dari kenyamanan penonton, spoiler bisa menjadi masalah penting karena mereka ingin menemukan kejutan-kejutan tak terduga dari film yang akan ditontonya.

Tetapi ada beberapa sutradara yang merasa khawatir dengan kehadiran spoiler karena takut yang nonton sedikit. Wajar saja, karena meningat orang yang akan menonton akan mengeluarkan sejumlah uang. Jika tiba-tiba ada yang membocorkan alur ceritanya, mungkin saja dia tidak jadi menonton apalagi jika filmnya punya twist seperti modus anomali atau psyco.
Semoga setelah menmbaca ulasan tentang spiler ini, wawasan anda akan semakin bertambah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa itu Spoiler serta Dampak Negatif dari spoiler"

Posting Komentar